21.2.09

postingan lama

abis ngikutin acaranya HIMA di kampus gw, jadi inget postingan ini:

Pelajaran moral nomor 1: *
bercahayalah kalo ga mau diinjek sama orang!
Tuh pikiran tiba-tiba ngetok pintu otak gw waktu gw denger cerita bu RT, bu Hety... ibu kita semua di midori castle... =p,
saat itu mati listrik. Jam 2-an dini hari... Beliau keluar rumah untuk lihat sekeliling. Dan udah terbayang gelapnya. Mana kemaren tuh bulan ga bersinar seperti hari ini yang full moon... suasana pagi buta itu juga lagi penuh dengan hiruk pikuk warga yang lagi nonton bola.. gw lupa mana lawan mana...tapi yang jelas mereka (para warga pria, mungkin kecewa karena terganggu acara bola ria-nya) lari-lari... tiba-tiba bu Hety punya pikiran: daripada diinjek karena mereka ga bisa liat saya, mending ambil senter buat nyenterin kepala saya...
terlepas dari cerita itu...
pikiran yang tiba-tiba datang tanpa bawa undangan itu ngebuat gw mikir lagi...
Bercahaya biar dilihat orang?
Bersinar untuk menyatakan diri kita?
Berkilau supaya tidak direndahkan sekitar?
Hmm...
iya.. gw dah sering banget ngalamin itu. Bukan untuk gw si tepatnya. Tapi lebih tepat untuk tempat dimana gw mengail ilmu saat ini.. Universitas Sebelas Maret Surakarta yang biasa disingkat UNS..
P : 'UNS? Di surabaya ya?' (dengan tampang gw-yakin-klo-gw-bener)
G : 'bukan..' (dengan wajah bilang klo-lo-so'-tau)
P : 'di semarang? (dengan tampang kali-ini-pasti-bener)
G : 'bukan.. di solo..' (dengan wajah setengah kesel)
P : 'ooo....' (dengan wajah malu karena salah dan ga kepikiran klo UNS di Solo)
itu cuplikan perbincangan yang biasa terjadi antara gw dengan orang-orang yang nanya: kuliah di mana?
Apa mereka ga tau Solo? Emang kota di Indonesia yang awalnya huruf S cuma Semarang sama Surabaya aja? Ko ga sekalian Samarinda aja? Lagian juga tuh S di UNS ga dimaksudkan untuk Solo ko..
Hhh... mereka yang -merasa- terlalu tinggi hingga ga bisa -dan gamau- ngeliat? Atau emang kita ga pantes untuk diliat?
Helloooo.... mending langsung tanya aja deh UNS di mana.. yasulah, gw jadi kesel gini...
Percakapan lain:
O : setau gw ada deh universitas negeri di Solo, kalo ga salah Sebelas Maret
G : ya itu dia kampus gw… Universitas Sebelas Maret Surakarta
0 : oh.. gw kira UNS tu Universitas Negeri Solo..
G : ….. (dengan senyum-agak-sedikit-maksa)
terus...
P : asalnya darimana?
G : dari Jakarta...
P : ko' jauh-jauh kuliah di sini.. kenapa ga di jakarta aja?
G : dapetnya di sini...

tu satu cuplikan wawancara yang sering terjadi juga pada gw...

hh.. emang ga boleh ya kuliah jauh? Terus gimana dong sama yang kuliah di luar negeri? Pernah ditanyain gitu pulakah dengan orang sana?

Yasulah.. jadi males gini gw...

intinya sih... kenapa orang baru akan lihat sesuatu yang indah? Kenapa orang baru tertarik klo benda itu berkilau?

Termasuk gw si kadang...

hmm.. dont judge book from its cover.. sering banget denger tuh quote...

Siapa si yang tertarik ngeliat kerikil? Tapi klo tuh kerikil berubah jadi mutiara?
Siapa si yang seneng ngeliat ulat? Tapi klo dah jadi kupu-kupu?
Siapa si yang bahagia liat arang? Tapi klo intan?

Manusia..

"i never saw an ugly thing in my life: for let the form of an object be what it may light, shade, and perspective will always make it beautiful"
-john constable-


tataplah segala sesuatu karena mereka ada...



*mengikuti jejak andrea hirata si ikal dalam bukunya: laskar pelangi
~ P: penanya G: gw

No comments:

Post a Comment

ingin berceloteh juga? ;)